First Bumps!

My first bumps! Say, “Hello World!” Hahay, seperti yang selalu pertama kita cetak kalo lagi belajar bahasa pemrograman. Yup, on this mylovelycode.wordpress.com saya akan berbagi suka-duka-tips-trik-ilmu-problem solving ~ dan, tentunya code 😀 Tapi ya ndak seberapa, saya ini newbie di dunia pemrograman, jadi saya akan berbagi pengalama saya sebagai newbie, mulai dari Hello World! 😀 Tentunya dengan bahasa pemrograman yang saya pelajari, yaitu web programming, khususnya PHP (Hypertext Programming).

Mulai yuuk, clevers (code lovely lovers),.. ~sebutan untuk para kalian code lovers 😀

Apa itu PHP? Hayo apa hayo?

Yang udah mastah pasti udah pada tau, saya yang newbie ini, waktu pertama kuliah, denger PHP seperti “makanan apakah ituh?” haha, udah dijelasin pak dosen, dikasih tau temen, brosing2, masih aja belum ngeh. Dulu tu bisa buat web pake PHP, tapi bahkan definisi PHP aja itu aku ga mudeng, brosing2 bahasanya pada tingkat berat semua, ndak sesuai to sama otak saya.

Ini loh clovers, salinan dari Bab II Landasan Teori laporan kegiatan mangang saya :

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah skrip bersifat server-side yang ditambahkan ke dalam HTML. PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools. Skrip ini akan membuat suatu aplikasi yang dapat diintregasikan ke dalam HTML sehingga suatu halaman web bersifat dinamis. Sifat server-side berarti pengerjaan skrip akan dilakukan server, baru kemudian hasilnya dikirimkan ke browser (Yahya Kurniawan, 2002).

Sedangkan HTML yang merupakan kependekan dari HyperText Markup Language adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web (Kadir, 2009).

Jadi..

Halaman web itu kan disusun dari kode-kode html, ekstensinya .html yang disimpen di server. Nah file hmtl ini yang dikirimkan dari server ke browser kita. Trus, browser yang nerjemahin kode-kode hmtl ituh sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah yang kita lihat itu clevers. Sedangkan kalo phpnya itu, di server diolah dan diterjemahin oleh web server biar jadi html, baru deh dikirim ke browser supaya ditampilkan 😀

Advertisements

One thought on “First Bumps!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s