Create Simple Accordion with ionic and angular

Banyak trik bisa kita lakukan untuk membuat tampilan accordion, di jquery kita bisa tinggal pakai saja function yang ada. Nah kali ini saya mau share sedikit tentang ionic dan angular. Tapi kali ini saya melakukannya dengan ionic 1, karena memang sedang ada project dengan menggunakan framework ini meski pada beberapa post sebelumnya saya sempat ngeshare tentang ionic2, tenang, yang ionic 2 saya juga terus pakai kok, nanti akan saya share.

How to get start with Ionic 2

Choosing best mobile apps technology : native vs hybrid

About ionic creator

Ionic vs OnsenUI : UI Framework for Hybrid Mobile Apps 

How to install phonegap for android apps development

Kali ini, saya membuat tampilan accordion simple saja, saya tidak banyak cuma butuh 2, jadi untuk animasinya saya cukup pakai css. Saya menggunakan ng-show ini dari angular. Oke, langsung aja kita liat code nya

Sederhana, untuk header accordionnya saya cuma pakai list divider dari component ionic, tinggal saya modif sedikit seperti ini:

the html

<ion-item class=”item-icon-right item-divider”
ng-click=”toggleGroup(‘A’)”
ng-class=”{active: isGroupShown(‘A’)}”>
<i class=”icon” ng-class=”isGroupShown(‘A’) ? ‘ion-chevron-up icon-accessory’ : ‘ion-chevron-down icon-accessory'”></i>
List Group A
</ion-item>

<ion-list>

<!– ************************* LIST GROUP A *******************************************–>
<ion-item class=”item-remove-animate item-icon-right item-accordion” ng-repeat=”list in listdata” type=”item-text-wrap” ng-show=”isGroupShown(‘A’)” href=”#/detail”>
<h2>Barang {{list .name}}</h2>
<p>{{list .message}}</p>
<i class=”icon ion-chevron-right icon-accessory”></i>
</ion-item>
</ion-list>

 

itu untuk satu group, kalo mau nambah lagi tinggal tambahin code yang sama, cuma tinggal ganti nama grupnya aja itu misal jadi isGroupShown(‘B’). So its very simple, kalo mau yang lebih kompleks, bisa ja sih, but this is easier, hhaaaaaaa..

note : ini datanya saya ngambil dari service sederhana saja, cuma array :

.service(‘listdata’, function() {
return {
lists: [
{id: “1”,name : “A”,message: “Detail Informasi A”},
{id: “2”, name : “B”,message: “Detail Informasi B”},
{id: “3”, name : “C”,message: “Detail Informasi C”},
{id: “4”, name : “D”,message: “Detail Informasi D”},
{id: “5”, name : “E”,message: “Detail Informasi E”},
{id: “6”, name : “F”,message: “Detail Informasi F”}

],
getLists: function() {
return this.lists;
},
getList: function(listId) {
for(i=0;i<this.lists.length;i++) {
if(this.lists[i].id == listId) {
return this.lists[i];
}
}
}
}

 

okey, then the css; ini penting yah buat transisi pas itemnya dibuka dan ditutup, biar lebih halus, coba liat sendiri perbedannya yah, hapus aja line yang pertama dan bandingkan hasilnya..

.list .item.item-accordion {transition: 0.09s all linear;}
.list .item.item-accordion.ng-hide {line-height: 0px;}
.list .item.item-accordion.ng-hide-add,
.list .item.item-accordion.ng-hide-remove {display: block !important;}

 

and then the .js file tinggal taruh didalam controller nya saja:

$scope.shownGroup=null; //default nutup semua

$scope.isGroupShown = function(group) {
return $scope.shownGroup === group;
};
$scope.toggleGroup = function(group) {
if ($scope.isGroupShown(group)) {
$scope.shownGroup = null;
} else {
$scope.shownGroup = group;
}
};

 

Enjoyyy, atau kalian bisa mampir kesini -> https://codepen.io/ionic/pen/uJkCz

One thought on “Create Simple Accordion with ionic and angular

Leave a Reply

